Latest News

Selasa, 13 Januari 2015

Pantai Srau, Pantai Tersembunyi di Negeri 1.000 Goa

Pasir putih sehalus bedak ditambah suguhan batu karang menghiasi sekeliling pantai ini. Lokasinya cukup tersembunyi, di balik bebukitan di selatan Pulau Jawa. Ini lah Pantai Srau di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Srau terletak 25 km dari kota Pacitan, tepatnya di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Untuk mencapai Pantai Srau, dibutuhkan waktu lebih kurang 1,5 jam dari pusat Kota Pacitan.

Pantai Srau memiliki 3  bagian pantai. Di bagian timur untuk melihat matahari terbit, di bagian barat untuk melihat matahari terbenam, dan yang bagian tengah memiliki pemandangan luas ke laut lepas, ditambah batu-batu besar yg berdiri gagah di tengah laut.

Perjalanan menuju pantai ini agak sulit untuk dijangkau, karena jarang dilewati oleh angkutan umum dan terbilang masih perawan. Pengunjung harus melewati kebun dan pepohonan untuk mencapainya. Namun, begitu sampai dijamin tidak akan kecewa.

Terdapat tebing-tebing yang tinggi dan banyak tanaman liar khas pantai yang masih terlihat lebat dan alami. Selain itu, banyak sekali pulau-pulau kecil yang tak berpenghuni yang setiap kali dihujam oleh kerasnya ombak, akan menambah keelokan panorama pantai tersebut.

Saat air laut sedang surut, pengunjung bisa melewati celah di antara dua batu karang untuk menuju area pantai di sebelahnya. Dari area ini, tampak cukup banyak goa-goa kecil di badan batu karang. Tak heran jika Pacitan dijuluki sebagai “Negeri 1.000 Goa”.

Bagi para peselancar, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi reef break, ombak yang tercipta saat air arus laut berbenturan dengan batu karang.

Satu hal yang perlu dicatat, tidak ada hotel di kawasan Pantai Srau. Hanya terdapat rumah-rumah penduduk dengan beberapa warung kecil. Namun, justru hal ini lah yang menjadikan Pantai Srau lebih alami dan cocok bagi para petualang yang mencari ketenangan.
Pantai Srau, Pantai Tersembunyi di Negeri 1.000 Goa
  • Title : Pantai Srau, Pantai Tersembunyi di Negeri 1.000 Goa
  • Posted by :
  • Date : 11.51
  • Labels :
  • Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Top