Latest News

Sabtu, 06 Februari 2016

Museum Malang Tempoe Doeloe, +62 822-333-633-99, Travel Malang Juanda, Travel Juanda Malang, Wisata Malang

Akcaya tour &Travel kali ini akan mengajak anda mengenal lebih tentang sejarah Kota Malang, kali ini kita akan membahas tempat wisata “Museum Malang Tempoe Doeloe”. Mungkin banyak dari anda yang asing mendengar Museum Malang Tempoe Doeloe ini, karena Museum ini baru dibuka pada tahun 2012.

akcayatour, museum malang tempoe doeloe, travel malang juanda, travel juanda malang, wisata malang

Museum yang didominasi oleh warna oranye ini bisa memberi gambaran bahwa ternyata dulunya Malang merupakan sebuah danau. Nah kali ini Akcaya Tour &Travel akan memperkenalkan anda tentang Museum Malang Tempoe Doeloe

Museum Malang Tempo Doeloe terletak di Jalan Gajahmada, atau tepatnya ada di belakang Balai Kota Malang. Rute yang bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi atau travel kami Akcaya Tour & Travel adalah langsung meluncur ke pusat kota Malang, atau tepatnya di Balai Kota Malang.

Museum Malang Tempoe Doeloe memiliki 20 lokal waktu yang berbeda sesuai urutan waktu sejarah Kota Malang. Mulai zaman purbakala, penemuan pertama pondasi kota paa tahun 1716 oleh pemerintah Hindia Belanda. Zaman revolusi 1945 – 1949 hingga sekarang. Meski mengangkat tema tentang sejarah, tapi Museum Malang Tempoe Doeloe dikemas dengan cita rasa modern.

Museum ini buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Untuk bisa menikmati semua koleksi yang terpajang rapi di Museum Malang Tempo Doeloe, kamu harus bayar dulu tiket masuk sebesar :
  • Untuk pelajar Rp 10.000 
  • Untuk warga Malang Rp 15.000 
  • Untuk umum Rp 25.000 

Dan asyiknya, untuk wisatawan yang ingin mengabadikan momen tak terlupakan bersama dengan berbagai koleksi di Museum Malang Tempoe Doeloe anda diizinkan untuk berfoto didalam.

Saat pertama anda masuk Museum ini anda akan disuguhkan dengan suasana yang akan dibawa kembali ke masa 1,5 juta tahun yang lalu. Dengan melihat aneka koleksi benda purbakala serta diorama cara menggali barang – barang tersebut. Ada banyak sekali benda – benda purbakala yang di gunakan oleh manusia purba untuk bertahan hidup. Bahkan ada fosil – fosil dan tanduk kerbau purba.

akcayatour, museum malang tempoe doeloe, travel malang juanda, travel juanda malang, wisata malang

Setelah itu anda akan di suguhkan suasana kerajaan – kerajaan yang dulu pernah berjaya di kota Malang. Seperti Kerajaan Singasari, Kerajaan Kediri, dan Kerajaan Kanjuruhan yang menjadi bagian dari penemuan pondasi pertama yang ditemukan oleh Pemerintah Hindia Belanda tahun 1716. Koleksi Museum Malang Tempo Doeloe seperti keris, buku-buku, prasasti dan patung-patung lilin dirancang se-hidup mungkin, batu bata kuno yang konon berasal dari jaman Kerajaan Majapahit, naga berkepala wanita, patung ganesha, dwarapala, arca-arca, ilustrasi gua yang menggambarkan tentang tempat bertapa Ken Arok, dan masih banyak koleksi lainnya.

akcayatour, museum malang tempoe doeloe, travel malang juanda, travel juanda malang, wisata malang
Goa tempat Ken Arok Bertapa

Untuk melihat periode ke-3 Museum Malang Tempo Doeloe, kamu bisa naik ke lantai 2. Di tempat ini kamu akan lihat ada banyak foto-foto walikota Malang yang pernah menjabat sejak jaman Belanda hingga sekarang ini. Setelah itu, kamu akan diantar ke jaman revolusi yang berlangsung pada periode 1945 – 1949 yang digambarkan dalam diorama. Ada juga bagian Museum Malang Tempoe Doeloe yang khusus menyajikan gambaran pendudukan bangsa Jepang di Indonesia.

akcayatour, museum malang tempoe doeloe, travel malang juanda, travel juanda malang, wisata malang
Koleksi foto jaman penjajahan

Inilah jaman yang paling dekat dengan sejarah bangsa Indonesia yang disajikan oleh Museum Malang Tempo Doeloe karena di saat itulah ibu pertiwi berjuang keras untuk bisa mendapatkan pengakuan kemerdekaan. Diorama seperti penjara besi, patung Bung Karno, ilustrasi yang menggambarkan suasana rapat KNIP yang dipimpin oleh Bung Hatta pun cukup akomodatif.

akcayatour, museum malang tempoe doeloe, travel malang juanda, travel juanda malang, wisata malang

Dan yang terakhir adalah periode sekarang yang menggambarkan Kota Malang di masa kini. Kalau dilihat sekilas, tempat ini memang menyajikan tema jadul tapi dengan kemasan modern dan fresh sehingga pengunjung punya gambaran tentang bagaimana Kota Malang bertumbuh dan berkembang hingga sekarang. Tidak perlu heran karena Museum Malang Tempoe Doeloe mengusung tema ‘New Concept Modern Live Museum’.

Untuk anda yang penasaran dengan sejarah Kota Malang disinilah tempatnya Museum Malang Tempoe Doeloe. Segera pesan travel kami Akcaya Tour & Travel, kami siap mengantarkan ke tempat tujuan wisata anda. Tidak hanya tujuan wisata anda, kami juga menyediakan Travel Malang Juanda ataupun Travel Juanda Malang. Jadi jangan khawatir untuk anda yang berada diluar kota, kami selalu siap melayani perjalanan anda dengan aman dan nyama.


Museum Malang Tempoe Doeloe, +62 822-333-633-99, Travel Malang Juanda, Travel Juanda Malang, Wisata Malang
  • Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Top