Latest News

Sabtu, 05 Maret 2016

Museum Ronggowarsito, +62-821-316-7070-8, Travel Malang Semarang, Travel Semarang Malang, Wisata Semarang

                Museum Ronggowarsito 





Hallo sobat?? Jalan-jalan yukk! Akcaya Tour & Travel akan mengajak anda kembali berkunjung di museum. Sudah pernah ke museum tersebut? Namanya Museum Jawa Tengah ( Ronggowarsito ). Terletak di  Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah. Buat anda yang ingin berkunjung kesini, bisa langsung menghubungi kami Akcaya Tour & TravelAnda tak perlu khawatir, apabila anda membutuhkan jasa transportasi. Kami menyediakan berbagai paket wisata loh! Kami juga menyediakan sarana transportasi / Travel berbagai jurusan serta Travel Malang Semarang dan  Travel Semarang Malang.

Museum Ronggowarsito merupakan museum yang menjadi kebanggaan mesyarakat di Jawa Tengah, museum ini juga sebagai salah satu tempat untuk melestarikan sebagai aset kebudayaan dari Jawa Tengah serta menjadi sarana pendidikan bagi generasi muda. Museum ini merupakan salah satu wisata bersejarah. Dengan banyaknya aset yang berada pada museum tersebut, menjadikan Museum Ronggowarsito sebagai salah satu wisata edukatif yang sangat cocok untuk dikunjungi para pelajar atau masyarakat umum baik lokal maupun mancanegara. Obyek wisata Semarang ini sangat cocok untuk dikunjungi karena didalam museum tersebut para wisatawan bisa melihat berbagai macam koleksi peninggalan sejarah yang ada di Jawa yang tentunya bisa menambah pengetahuan bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke museum tersebut.



Museum ini memiliki 4 gedung A, B, C dan D yang berdiri megah diatas tanah seluas 2 hektar, ada 50 ribu lebih koleksi peninggalan sejarah yang disimpan di Museum Ronggowarsito dengan baik dan rapi di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Koleksi peninggalan sejarah yang disimpan dimuseum ini diantaranya adalah numismatika, arkeologi, geologi, koleksi emas, sejarah, etnografi, keramik, heraldika, koleksi seni, dan teknologi.



Museum Ronggowarsito mempunyai koleksi yang berjumlah sekitar 59.802 kolesi yang terbagi dalam 10 jenis,  Museum Jawa Tengah Ranggawarsita merupakan sebuah aset pelayanan publik di bidang pelestarian budaya, wahana pendidikan dan rekreasi. Pendirian museum pertama kali dirintis oleh proyek rehabilitasi dan permuseuman Jawa Tengah pada tahun 1975 dan secara resmi dibuka oleh Prof Dr Fuad Hasan pada tanggal Juli 1989.

Nama museum itu sendiri berasal dari nama pujangga Jawa yang hidup pada abad 19, yang juga merupakan ahli nujum Keraton Kasunanan Surakarta. Karyanya yang paling terkenal yaitu Serat Kalatidha yang berarti buku / catatan tentang masa yang penuh ketidakpastian / absurd.


Bangunan yang terdapat di candi tersebut berbentuk rumah adat jawa Joglo. Sebelah kiri terdapat instalasi berukuran utuh kereta yang ditarik empat ekor kuda berbeda warna, dengan sais dan ksatria yang tengah memanah, mungkin Arjuna. Di kiri kanan depan pendopo terdapat sepasang arca Dwarapala berukuran besar. Gedung A lantai 1 disebut Ruang Sejarah Alam dengan koleksi Kosmologis, Geologi dan Geografika, serta Ekologi. Sedangkan di lantai 2 terdapat ruang Palaeontologi, Palaeobotani, Paleozoologi, dan Palaeoantropologika.

Bagaimana teman? Serukan? Anda bisa melihat fosil-fosil pada jaman dahulu secara langsung. Berminat mengunjunginya? Ayo segera hubungi kami Akcaya Tour & TravelAnda tak perlu khawatir, apabila anda membutuhkan jasa transportasi. Kami menyediakan berbagai paket wisata loh! Kami juga menyediakan sarana transportasi / Travel berbagai jurusan serta Travel Malang Semarang dan  Travel Semarang Malang.


Gedung B disebut sebagai Ruang Sejarah Peradaban Kebudayaan, dengan koleksi budaya Hindu, Budha, Islam, Eropa dan Keraton. Gedung B terletak di lanytai 2 terdapat koleksi benda purbakal dari jaman batu, jaman logam, dan jaman peradaban Polinesia. Sedangkan gedung C merupakan ruang sejarah perjuangan Bangsa dan Etnografi. Yang terakhir gedung D. Gedung ini merupakan ruangan Era Pembangunan, dan gedung D lantai 2 merupakan ruang kesenian.


Koleksi gunungan tersebut terbuat dari ukiran kayu yang halus nan indah. Gunangan ini muncul pada setiap adegan pembukaan, goro-goro, dan perpindahan babak, serta pada akhir pertunjukan wayang. Banyak juga koleksi lain yang terdapat di museum ini. termasuk fosil-fosil, keris, serta benda bersejarah yang lainnya.



Koleksi foto perjuangan juga bisa dijumpai di Museum Ronggowarsito ini teman. Juga tandu yang di gunakan Jendral Soedirman semasa bergerilya, serta dipan milik Nyi Kasidem Ronosastro di Dukuh Pojok, Desa Ngadirejo, Kecamatan Eromoko, Wonogiri, yang digunakan Jendral Soedirman ketika pulang bergerilya dari Jawa Timur tahun 1949. Koleksi menarik lainnya adalah relief Ramayana yang di ukir dengan detail rumit pada kayu jati. Relief ini menceritakan adegan saat Dewi Shinta mengejar Kijang Kencana ke dalam hutan, dan kemudian diculik oleh Rahwana untuk dibawa ke Alengka. Juga adegan saat Ramayana yang bertarung dengan Jatayu yang mencoba mencegah perbuatan buruk Rahwana namun gagal.

Museum Ronggowarsito dibuka untuk umum dalam setiap harinya mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Sedangkan harga tiket masuk Museum Ronggowarsito juga sangat terjangkau, Rp 4000,- untuk dewasa dan Rp 2000,- untuk anak-anak bagi wisatawan domestik atau wisatawan lokal, dan Rp. 10.000,- perorang bagi pengunjung atau wisatawan asing.


Ayo teman segera tambah wawasan kalian, berkunjung ke Museum Ronggowarsito pasti mengasyikan. Tak perlu kwawatir untuk soal transportasi teman, caranya cukup mudah langsung menghubungi kami Akcaya Tour & Travel. Kami menyediakan berbagai paket wisata loh! Kami juga menyediakan sarana transportasi / Travel berbagai jurusan serta Travel Malang Semarang dan Travel Semarang  Malang. Sampai jumpa :)

Museum Ronggowarsito, +62-821-316-7070-8, Travel Malang Semarang, Travel Semarang Malang, Wisata Semarang
  • Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Top